Tugas 4 - Aplikasi Dice Roller

 

Nama : Robby Ulung Pambudi 
NRP   : 5025211042

Github Link : Dice Roller


Persiapan dan Instalasi

Pastikan Android Studio sudah terpasang di komputer Anda dan siap digunakan. Buka Android Studio dan persiapkan untuk membuat proyek baru menggunakan template "Empty Compose Activity".

Pembuatan Proyek

Mulai dengan mengklik "Start a new Android Studio project" kemudian pilih template "Empty Compose Activity" dan lanjutkan dengan mengklik Next. Berikan nama aplikasi seperti "Dice Roller" dan tentukan direktori penyimpanan proyek. Pilih Kotlin sebagai bahasa pemrograman dan pastikan opsi "Use AndroidX artifacts" telah diaktifkan. Selesaikan proses dengan mengklik Finish.

Konfigurasi SDK Minimum

Pada tahap pemilihan SDK minimum, tetapkan API Level 24: Android 7.0 (Nougat) sebagai versi minimum yang didukung. Klik Next dan tunggu hingga Android Studio menyelesaikan penyiapan proyek.

Pengembangan Antarmuka dengan Jetpack Compose

Buka file MainActivity.kt setelah proyek selesai dibuat. Anda akan melihat kode template dasar dari "Empty Compose Activity" yang sudah tersedia.

Penyusunan Kode Tata Letak

Modifikasi kode dalam blok setContent untuk membuat tata letak aplikasi sesuai kebutuhan. Hapus fungsi GreetingPreview() yang ada dan buat dua fungsi baru yaitu DiceWithButtonAndImage() dan DiceRollerApp(). Pastikan DiceRollerApp() dipanggil di dalam DiceRollerTheme untuk mengatur komponen antarmuka pengguna.

Penambahan Elemen UI

Tambahkan string resource di file strings.xml untuk teks tombol, misalnya "Roll". Dalam fungsi DiceWithButtonAndImage(), implementasikan komponen Button() dengan menggunakan stringResource() untuk teks tombol. Untuk gambar dadu, import gambar melalui Resource Manager dan gunakan composable Image untuk menampilkan gambar dadu.

Penerapan Logika Aplikasi

Buat variabel result menggunakan remember dan mutableStateOf() untuk menyimpan hasil acak pelemparan dadu. Implementasikan variabel imageResource yang mengubah gambar dadu berdasarkan hasil menggunakan pernyataan when. Pastikan tampilan UI diperbarui saat tombol ditekan dan aplikasi dapat berfungsi secara interaktif.

Penyelesaian

Setelah menyelesaikan semua tahapan tersebut, aplikasi Dice Roller akan siap digunakan. Pengguna dapat menekan tombol "Roll" dan melihat hasil pelemparan dadu dengan gambar yang berubah sesuai angka yang dihasilkan secara acak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 : Mengenal Composable

ETS